Minggu, 02 Maret 2014

Time management ala RASULULLAH

Ada 4 KEGUNAAN WAKTU kata Rasul :

1. Yunaji fiha Rabbahu  : Bermunajad kepada Allah, berkomunikasi , berdialog dg Allah melalui Ibadah yg ada syariat dan rukunnya yaitu SHALAT 5 WAKTU, PUASA RAMADHAN, ZAKAT dan HAJI. kemudian melalui ibadah2 TANPA ADA RUKUN DAN SYARATNYA, SEPERTI SEDEKAH, SILATURRAHIM, MENUNTUT ILMU dll. Khusus Shalat adalah sarana untuk meminta kepada ALLAH " Memintalah kepadaKU dengan SABAR dan SHALAT...". Jadi syarat utk meminta kepada ALLAH harus SABAR dan SHALAT. Shalatpun harus yang khusuk "...illa 'alal Chosi'in..". Jadi kalau permintaan kita belum dikabulkan ALLAH boleh jadi kita baru MENGERJAKAN bukan MENEGAKKAN Shalat. Yang diperintah " AQOMUS SHOLAH...." Tegakkan Shalat !!. Atau mungkin kita tidak Sabar menunggu berkenanNYA ALLAH memenuhi permintaan kita. Allahu'alam bisshawab.

2.Yuhasabu fiha nafsahu : Hitung2 dirimu !. Apa yang kita hitung dan nilai ttg  diri kita ?. Setidaknya untuk apa kita gunakan 5 HAL sebelum datang 5 YANG LAIN :
a. Untuk apa HIDUP digunakan sebelum KEMATIAN datang.
b.  ....."........ MUDA .............."............  TUA datang.
c. ....."......... SEHAT ............."...............SAKIT datang.
d. ....."......... KAYA...............".............. MISKIN datang.
e. .....".........KESEMPATAN.......".........KESEMPITAN datang.

3. Yatafakkaru fihin Illahi 'azza wajalla : merenungkan CIPTAAN ALLAH, mulai dari diri kita sebagai MAKHLUK ALLAH yang sebaik-baiknya kejadian, yang Allah ciptakan makluk lain untuk keperluan kehidupan manusia. Diharapkan dengan merenungi ciptaan ALLAH membuat kita menjadi orang yang bersyukur kepada ALLAH.

4. Mencari Nafkah : mencari rezki untuk hidup dan kehidupan adalah IBADAH. Maknanya kalau kita meyakini bekerja adalah ibadah kepada ALLAH, tentu tidak mungkin kita akan melakukan apa2 yang dilarang oleh ALLAH. Tidak mungkin kita mempersembahkan kepada ALLAH suatu yang tidak baik. 

Mudah2an bermanfaat, amin yang ALLAH, wassalam.

Share on :

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar