Rabu, 02 April 2014

TEORI SUN TZU

Kumpulan Tulisan H. Amri Darwis,-Tidak semua pemikiran yang datang dari barat mampu mendominasi perkembangan dan kemajuan dalam dunia binis. Setidaknya, teori barat tersebut tidak dapat menggeser teori klasik milik bangsa timur, terutama untuk langkah-langkah besar yang bersifat strategis.
                Misalnya saja, dalam pembuatan kebijakan, perusahaan modern terutama daerah Asia Timur, banyak yang telah mengaplikasikan Teori Sun Tzu, Art Of War. Mengandalkan 8 Elemen dasar yang sering digunakan dalam pembuatan keputusan-keputusan srategis. Suatu perusahaan mengaplikasikanya sbb.
1.       Pemimpin
Pemimpin yang berkualitas yang akan diikuti oleh bawahanya, harus mempunyai dan dilengkapi oleh 5 faktor pendukung utama:   
a.       Kecerdasan (zhi)
b.      Keandalan (cheng)
c.       Kemanusiaan (ren)
d.      Keberanian (yong)
e.      Ketegasan (yan)
2.       Dukungan Moral
Pemimpin harus mampu memberikan dukungan moral kepada bawahan dan mapu memformulasikan tujuan organisasi, atau perusahaan. Dia juga harus memiliki kemampuan untuk mensosialiasikan kepada seluruh anggota organisasi atau perusahaan, sehingga eluruh komponen yang ada akan mempersepsikan diri mereka sebagai anggota dari kelompok yang sama. Dengan demikian akan merupakan satu kesatuan yang kompak dalam upaya memenangkan persaingan.
3.       Iklim
Faktor iklim merupakan faktor uncontrollable. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mampu memanfaatkan faktor-faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan menjadi keuntungan bagi kelompok-kelompok yang dipimpinya.
Dalam dunia bisnis, faktor-faktor itu antara lain:peraturan pemerintah, norma yang berlaku dalam masyarakat, siklus bisni, perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, dan masih banyak yang lainya.
4.       Kondisi dan Situasi Lapangan
Berbeda dengan iklim yang uncontrollable, maka faktor ini Corzrrolable. Jadi pemimpin dapat memilih dan menentukan, di jenis medan yang bagaimana mereka akan bertempur, tentu saja harus terlebih dahulu dilihat dari aspek-aspek yang memungkinkanbagi kelompok mereka, untuk memenangkan pertempuran tersebut. Dalam dunia bisnis hal ini berkaitan erat dengan penentuan target pasar dan sekmentasi pasar.
5.       Doktrin dan Hukum
faktor ini penting adanya dalam suatu organisasi, sebab, untuk menegaskan tugas dan tanggung jawab, serta arus garis komando dari satu bagian ke bagian lainya. Menurut Sun Tzu yang baik itu adalah kombinasi antara otoriter dan desentraliasi.
6.       Kekuatan (Strength)
kekuatan itu relatif, belum tentu suatu organisasi yang besar lebih baik dari yang kecil. Boleh jadi organisasi yang kecil, lebih baik karena lebih terorganisir dibandingkan dengan yang besar, tapi komponennya berjalan sendiri-sendiri. Terpenting adalah berjalan efisien dan terhindar dari proses yang bertendensi birokratis.                                                             
7.       Hal ini merupakan faktor penting yang memegang peranan dalam upaya meningkatkan kualitas pribadi pekerja. Secara langsung akan berdampak kepada kinerja mereka masing-masing. Pegawai yang terlatih dengan baik, akan dapat bekerja dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi.
8.       Untuk menegakkan disiplin, Sun Tzu menyatakan system Rewart and Punishment perlu di tegakkan. Setiap bawahan yang berprestasi baik diberikan penghargaan, sebaliknya yang bekerja secara tidak benar diberikan sanksi yang mendidik.

Melihat dari 8  teori Sun Tzu serta membandingkan dengan keadaan hari ini, tidak ada salahnya jika kita mau mencoba untuk memahami dan mengaplikasikanya.

Share on :

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar