Sabtu, 14 Desember 2013

PROGRAM UNTUK TAHUN 2014

ASSLM WW,KAMI PUNYA SARAN BAGI PENGURUS MESJID YANG AKAN MENYUSUN PROGRAM UNTUK TAHUN 2014 ATAUPUN  YANG SUDAH MENYUSUN (mudah2an sudah sesuai saran kami) yaitu :

1. MATERI KUTBAH JUMAT : Berdasarkan penelitian ,jamaah yang hadir mengikuti shalat Jumat 80 % adalah jamaah tetap. Hanya 20 % yang jamaah insidentil. Karena salah satu penyebab tidak mampunya umat menjalankan ajaran Islam karena keterbatasan pengetahuan ttg ajaran itu sendiri, maka materi kutbah Jumat harus disusun sedemikian rupa seperti  kurikulum di Lembaga Pendidikan resmi, sehingga pengetahuan,   wawasan dan pengetahuan  jamaah dapat tentang ditingkatkan secara terencana dan sistematis.Misalnya Jum'at I ttg Aqidah, ke II ttg Syari'ah, ke III ttg Muamalah, dst. Setelah pelaksanaan Jumat diminta Khatib utk tinggal sejenak, klu ada jama'ah yang ingin menanyakan sesuatu ttg isi Kutbahnya shg ybs bisa menjelaskannya. Dengan demikian fungsi Mesjid sebagai " The Institution of Education" dapat dijalankan.

2. MESJID BAPAK ASUH : Karena kemampuan moril dan materil semua Mesjid tidak sama , maka di"harus"kan Mesjid yang mampu, layaknya Manusia menjadi Bapak Asuh bagi Mesjid yang kurang mampu, baik membantu secara finansial maupun secara manajemen , dll. Dengan demikian gap antara mesjid dalam menjalankan fungsi sebagai The Centre of Civilization dapat dikurangi shg terjadinya peningkatan AQIDAH, IBADAH & UQUWAH jamaah secara bersinergis.

Wassalam.




   







Share on :

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar